20/04/2013

PEMIMPIN YANG MERAKYAT

Setiap kali mendengar kata pemimpin, gambaran pertama yang muncul dalam pikiran kita pasti pemimpin itu orang yang sangat bejasa dan sangat berpengaruh besar dalam setiap kehidupan, pemimpin identik dengan tindakan-tindakan heroik yang diluar batas kemampuan orang biasa, Seolah seorang pemimpin itu adalah orang yang paling mulia dan paling harus dihormati diantara orang-orang lainnya.
Anggapan diatas tentu saja tidak salah, bahkan bisa dikatakan anggapan tersebut memang benar adanya. Ini disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi kita sehingga menciptakan pandangan tersendiri mengenai seorang pemimpin. Lantas seperti apakah sebenarnya pemimpin yang benar-benar dicintai oleh pengikutnya?
Di era demokrasi seperti sekarang ini, menjadi seorang pemimpin tentu saja bisa dilakukan oleh siapa saja yang memang mempunyai kemampuan untuk menjadi teladan bagi pengikutnya. Bahkan, untuk menjadi seorang yang dikatakan pemimpin, kita tidak perlu susah-susah melakukan tindakan heroik layaknya seorang pahlawan pejuang kemerdekaan tahun 45. Seorang pemimpin bisa lahir dari mana saja dia berasal. Setiap diri kita pasti mempunyai jiwa dan karakter sebagai pemimpin. Hanya saja pada lingkup mana kita bisa menjadi pemimpinlah yang membedakan antara satu manusia dengan manusia lainnya.
Kepemimpinan seorang pemimpin akan sangat dipengaruhi dari mana dia berasal. Atau dengan kata lain, gaya kepempimpinan seseorang akan sangat ditentukan oleh asal atau background kehidupan kesehariannya.

Seorang pemimpin yang berasal dari kalangan pengusaha, tentu gaya kepemimpinannya akan lebih cenderung pro dengan kehidupan usaha. Begitupula seandainya ada seorang pemimpin yang berasal dari kalangan rakyat biasa atau masyarakat biasa pada umumnya. Pemimpin yang berasal dari masyarakat bawah tentu akan sangat sadar tentang kehidupan yang dijalanai oleh masyarakat kebanyakan. Disinilah gaya kepemimpinan pemimpin yang berasal dari masyarakat golongan akar rumput akan terlihat. Kehidupan yang dialami oleh seseorang, mau tidak mau akan terekam dan akan menjadi pedoman hidupnya. Begitupun dengan pemimpin yang pada masa dahlunya menghadapi situasi kehidupan yang kurang mengenakkan. Seorang pemimpin yang berasal dari lingkungan masyarakat yang miskin, tentunya akan selalu lebih memperjuangkan bagaiamana kemiskinan itu bisa diatasi, minimal bisa mengurangi kondisi kemiskinan yang dulu pernah dirasakan olehnya.
Peran pengikut atau dalam hal ini masyarakat yang dipimpin oleh seorang pemimpin, tentu juga harus selalu mendukung langkah-langkah perbaikan yang akan dilakukan oleh seorang pemimpin. Namun, sebagai masyarakat yang baik, tentunya juga harus tetap kritis terhadap situasi dan kondisi yang terjadi setiap saat. Jangan sampai semua perkataan dan tindakan seorang pemimpin harus diikuti seratus persen manakala itu bertentangan denga hatu nurani. Sebagai seorang pemimpin masyarakat, masukan ataupun kritikan yang datang sudah seharusnya diterima dan didengarkan, untuk selanjutnya masukan ataupun kritik tersebut harus digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja kepemimpinannya. Tidak baik seorang pemimpin memaksakan kehendak orang yang dipimpinnya, karena hakikat seorang pemimpin adalah mereka yang mampu menjadi panutan dan mampu memberikan solusi atas maslah yang tengah dihadapi masyarakatnya. Seorang pemimpin yang baik tidak akan pernah sedikitpun ragu untuk merangkul semua kalangan masyarakat dari berbagai elemen, entah itu dari kasta tertinggi dalam kehidupan maupun sampai kasta terendah sekalipun yang di mata masyarakat tidak bermanfaat.
Pada akhirnya, jiwa kepemimpinan seorang pemimpin tidak bisa jalan sendiri tanpa dukungan dari mereka yang dipimpinnya. Seorang pemimpin tidak akan mungkin berjalan ke kiri sementara rakyatnya menginginkan untuk berjalan ke kanan. Akan tercipta situasi yang pastinya tidak diinginkan oleh siapapun ketika seorang pemimpin sudah tidak lagi mendengarkan suara rakyatnya. Karena suara rayat adalah suara Tuhan.


Untuk dapat terus menikmati "Gallery Photo Kuala Enok/Tanah Merah"
DONASI Anda di CONTACT
advertisement