29/06/2013

TRADISI MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

Di Indonesia, dimana masyarakatnya mayoritas muslim, berbagai acara atau tradisi menyambut Ramadhan banyak digelar di berbagai daerah. Tentu saja caranya berbeda-beda namun semangatnya tetap sama, yakni merupakan bentuk ucapan syukur kepada Allah S.W.T serta kegembiraan umat muslim akan datangnya bulan Ramadhan. seperti yang terjadi di KUALA ENOK - Kecamatan Tanah Merah

Tradisi ini biasanya dilakukan mulai sebulan atau sepekan bahkan kadang satu hari sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Sebelumnya, masyarakat/keluarga yang berhajat menyelenggarakan acara ini, mempersiapkan aneka hidangan/masakan daerah hingga modern. Begitu pula untuk kue-kue tradisional dipersiapkan untuk hidangan penutup, tapi semua berpulang kepada kemampuan ekonomi si empunya hajat. Tradisi yang alhamdulillah hingga sekarang masih tetap terjaga baik di kalangan masyarakat bugis di Kuala Enok, umumnya masyarakat Kecamatan Tanah Merah, yang biasanya diselenggarakan per rumah tangga.

Acara ini biasanya dihadiri oleh seluruh anggota keluarga, masyarakat sekitar dan lazimnya jamaah masjid setempat. Acara  dimulai dengan doa bersama, yang dipimpin oleh Ustazd setempat/orang yangh dituakan. Doa yang memohon kemudahan rezki yang berkah,doa memohon untuk selalu diberikan kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa kelak, doa keselamatan untuk dunia dan akhirat untuk segenap anggota keluarga, masyarakat dan Doa keselamatan untuk para Leluhur yang telah terlebih dahulu berpulang ke Rahmatullah.



Kuala Enok, 29 Juni 2013

Untuk dapat terus menikmati LENSA KUALA TERAPUNG
'KLIK' iklan yang ada di Blogg ini atau 'DONASI' Anda di CONTACT
advertisement