19/08/2013

ALIANSI MAHASISWA KECAMATAN TANAH MERAH DAN BPK Oi INDRAGIRI HILIR

- Penanaman 14 jenis bibit pohon pada peringatan HUT Oi ke-14 -
(Ditulis oleh : Agus Rudiyanto, S.Kom)

Komitmen ormas Oi (Orang Indonesia) terhadap kepedulian lingkungan terlebih menaman pohon kembali dilaksanakan pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun Ormas Oi ke 14 yang jatuh pada tanggal 16 Agustus 2013. Anjuran dari Badan Pengurus Pusat melalui surat edaran kepada seluruh Badan Pengurus Kota/Kabupaten diseluruh Indonesia dan Luar Negeri untuk menanam pohon yang ragam bibitnya disesuaikan dengan usia Oi yang ke 14 ini. 

BPK Oi INHIL Riau merespon surat edaran tersebut dengan memilih beberapa jenis bibit pohon yang keriteria pohon tersebut dapat hidup tumbuh subur di kawasan Kecamatan Tanah Merah. Jenis mangrove adalah tanaman yang hidup tumbuh subur di kawasan ini, beberapa jenis mangrove pun disiapkan diantaranya adalah bibit pohon: 1. Bakau, 2. Teruntum, 3. Nyirih, 4. Pedada, dan untuk kawasan tanah yang subur untuk buah2an bibit pohon yang dipilh adalah: 5. Jambu Merah, 6. Jambu Air, 7. Jambu Biji, 8. Belimbing, 9. Mangga, 10. Sirsak, 11. Pepaya, 12. Pisang, 13. Pinang, 14. Kelapa.

Pada diskusi penetuan titik lokasi menanam, kami sempat menikmati jambu Merah hasil tanaman yang tumbuh subur di kawasan perumahan BTN, artinya tanah kecamatan Tanah Merah cukup subur untuk digunakan sebagai lokasi tanaman buah tersebut. Tidak salah jika tahun 60an Tanah Merah merupakan tanah subur, surganya para petani kelapa waktu itu. Akibat naiknya air laut ke perkebunan rakyat maka mulailah malapetaka bagi para patani, ditambah tidak adanya penetapan harga pasti dari pemerintah tentang harga kelapa maka pertanian kelapa mulai ditinggalkan oleh para petani.

Menurut survey yang dilakukan oleh departemen pertanian jumlah lahan pertanian di kecamatan Tanah Merah kurang dari 20%, sungguh sangat memprihatinkan, maka atas dasar ini BPK Oi INHIL dan Aliansi Mahasiswa Kecamatan Tanah Merah bekerja sama untuk terus berkomitmen meningkatkan penanaman pohon, pemetaan lokasi sudah mulai digarap oleh BPK Oi INHIL dan Aliasi Mahasiswa Kecamatan Tanah Merah, dalam upaya menyelamatkan perekonomian Tanah Merah yang mengalami infolusi akibat lahan pertanian dan hutan mulai habis akibat ulah manusia dan alam yang mulai tidak bersahabat dengan petani.
 
Dengan adanya semangat dan komitmen kepedulian terhadap lingkungan oleh BPK Oi INHIL dan Aliansi Mahasiswa kecamatan Tanah Merah ini, diharapkan dapat menemukan terobosan2an baru keberanian menanam 14 jenis bibit pohon ini, dikemudian hari dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat terlebih anak cucu kita nanti. Jenis pohon mangrove menyelamatkan keanekaragaman hayati jenis ikan, udang atau hewan lainnya yang mencari makan didekat pohon-pohon mangrove tersebut, maka dari itu jenis mangrove tidak bisa ditinggalkan untuk terus ditingkatkan penenaman pohonnya untuk keseimbangan alam. Belum lagi polusi udara yang mengepung kecamatan Tanah Merah ini dengan adanya perusahaan2an besar yang menyumbang polusi udara, dampak tersebut harus wajib dipertimbangkan untuk memilih menanam pohon untuk paling tidak menghalau asap2 beracun menjadi udara sehat melalui proses alamiah yang dilakukan oleh pohon. (Sumber photo oleh BPK Oi Inhil)

Salam Oi…
Tanah Merah, 16 Agustus 2013


Untuk dapat terus menikmati Gallery Photo Kuala Enok/Tanah Merah,
DONASI Anda di CONTACT
advertisement