31/08/2014

LENSA DAN KUALA TERAPUNG



Telah sekian bulan kuperkenalkan pada ‘mereka’, bahwa photography bukan hanya diperuntukkan pada sebuah ‘acara seremonial’ belaka tapi lebih dari itu. Bahwa sebuah foto mampu bercerita tentang banyak hal, tentang apa yang ada disekeliling kita, tentang apa yang kita rasakan, tentang (mungkin) sebuah keindahan yang tersembunyi dan bahkan mampu menjalin persaudaraan dan silaturrahmi. Kuabadikan mereka yang yang menggantungkan hidupnya dipasar, dilaut, dibantaran sungai, dipesisir pantai maupun diantara semak belukar dan rindang pohon. Kudatangi mereka digang-gang dan dijalanan sembari sedikit bercerita tentang hidup dan kesah mereka.

Kuala Enok atau kadang juga disebut Kuala Terapung tidaklah terlalu luas, dalam hitungan jam kita sudah bisa mengelilinginya. Terbentang dari utara keselatan dengan pemandangan sungai dan laut serta segala aktivitas masyarakat pesisir, beberapa menit kebarat kita akan bertemu area perkebunan. Kuala Enok sebuah kampung sederhana dengan multi entis dipesisir Sumatera yang darinya (foto-foto) kudapati persaudaraan dan silaturahmi yang sebelumnya asing bagiku.

Suatu hari nanti kuingin ‘mereka’ mengerti dan terbiasa akan sebuah komunias baru yang mulai tumbuh diantara mereka (beberapa bulan terakhir) serta tidak lagi berkata ;
“Wartawan ya bang ? dari mana..???”
“Ada proyek jalan ya pak..???”
“Moto pengantin dimana om..???”
“Tak ada kerja lain ya..???”
“……..???“

... semoga, amin..!

Kuala Terapung di akhir Agustus 2014
- A D M I N -

Untuk dapat terus menikmati "Gallery Photo Kuala Enok/Tanah Merah"
DONASI Anda di CONTACT
advertisement