Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Kuala Enok, 10 Seotember 2014
Teknik panning pada intinya menangkap objek yang bergerak dengan cara menggerakan kamera searah gerakan subjek, kemudian membuat background sekitar objek menjadi blur.
Teknik panning sering dipakai untuk pengambilan foto sport atau foto news. Seiring perkembangan, foto HI juga sudah banyak yang menggunakan teknik foto panning.
Tips memotret foto panning adalah dengan menggunakan kamera yang memiliki kontrol manual, kesabaran serta objek yang bergerak.
Sebenarnya membuat efek foto panning dapat menggunakan software atau tools seperti photoshop dan lain-lain. Akan tetapi berhubung kita niat awalnya belajar memotret bukan belajar photoshop, maka kami akan sharing cara memotret foto panning dengan kamera.

Tips Memotert Foto Panning
* Jangan gunakan tripod, untuk mengikuti arah gerakan obyek kamera harus bisa bergerak luwes, untuk monopod masih bisa digunakan jika kita terbebani oleh besarnya lensa dan kamera.
* Seting kamera menggunakan mode Shutter Priority (S atau Tv). Kecepatan rana atau shutter speed yang digunakan untuk foto panning antara 1/30 sampai dengan 1/8. Semakin cepat shutter speed, maka semakin banyak detail background yang dihasilkan.
* Set ISO ke nilai yang paling rendah 50 atau 100.
* Atur AF mode ke AF-C di Nikon atau AI-servo di Canon. Mode ini digunakan saat kita harus mengikuti sebuah subyek foto yang terus berpindah posisi.
* Pilihlah objek yang bergerak dan memiliki background yang cerah dan memiliki warna-warna yang menarik, banyak detail dan memungkinkan fokus terarah pada subyek untuk mendapatkan hasil foto panning yang memiliki background yang menarik.
* Arahkan kamera mengikuti obyek yang bergerak dan pencet separuh tombol release untuk mengambil fokus. Usahakan tangan bergerak selembut mungkin, gerakan kejut yang mendadak bisa mengakibatkan hasil foto yang tidak menarik.
* Tekan tombol release pada saat objek berada pada posisi yang Anda inginkan. Masih ingat tentang aturan komposisi Rule of Third kan ?
* Kesabaran adalah hal terakhir yang dibutuhkan saat motret panning. Saat Anda telah mendapatkan settingan dan background yang tepat, tunggu sampai Anda mendapatkan foto yang menarik. Jika belum ulangi lagi.

Saat memotret foto panning pastikan juga untuk menyeimbangkan cahaya dalam komposisi. Biasanya, cahaya yang jatuh di subyek harus sama dengan cahaya yang jatuh di background untuk mendapatkan foto dengan exposure yang tepat. Semoga artikel Tips Memotert Foto Panning ini bisa berguna untuk kita semua. Selamat mencoba ! (Sumber : Gudang Kamera Bali)


Untuk dapat terus menikmati "Gallery Photo Kuala Enok/Tanah Merah"
DONASI Anda di CONTACT

Bottom Ad [Post Page]