29/10/2015

MENUJU SELATAN INDRAGIRI HILIR

Perjalanan keselatan Kabupaten Indragiri Hilir dari Kuala Enok - Kecamatan Tanah Merah saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan melalui jalur timur (jalan lintas pelabuhan samudra). Namun catatan dibawah ini adalah tulisan perjalanan keselatan jika menggunakan speedboat (melalui laut).

Selepas beberapa menit meninggalkan Pelabuhan/Dermaga Kuala Enok kita akan berada dilaut lepas, hamparan lautan ini menyatu ke Laut China Selatan (diarah timur) dan menyatu juga dengan perairan Selat Malaka (diarah utara). Hamparan lautan ini akan berakhir saat speedboat mulai memasuki muara Kuala Hujan. Beberapa tahun lalu speedboat bisa melakukan jalan pintas jika akan ke selatan Indragiri Hilir yang tentunya menghemat bahan bakar dan waktu tempuh, yakni dengan melalui perairan (berupa sungai) Desa Kuala Patah Parang. Namun saat ini speedboat tidak pernah lagi melewati jalur ini (kecuali beberapa kendaraan kecil) karena lebatnya pepohonan disisi kiri kanan sungai dan pendangakalan sungai dibeberapa bagian.

Desa pertama yang kita lintasi setelah melalui Kuala Hujan adalah Desa Kuala Sungai Batang dan selanjutnya Kelurahan Pulau Kijang. Kelurahan Pulau Kijang adalah ibukota dari Kecamatan Reteh, satu dari beberapa kecamatan yang berada di selatan Indragiri Hilir dengan letak geografinya berada disisi Sungai Gansal.

Dari sini perjalanan dilanjutkan kearah barat menyusur sungai gansal yang terkadang dipenuhi tanaman Enceng Gondok. Sepanjang perjalanan kita akan melewati beberapa pelabuhan/dermaga alternatif yang merupakan akses menuju keperkampungan penduduk sekitar. Beberapa menit berselang kita akan tiba di Desa Pulau Kecil, desa ini satu dari beberapa desa yang masuk dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Reteh. Saat perjalanan diteruskan kearah barat, akan masih banyak lagi tempat/perkampungan penduduk yang akan kita lewati dan kita akan memasuki wilayah Kecamatan Keritang - Kota Baru, yang juga masih dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Indragiri Hilir.








Kuala Enok, 29 Oktober 2015

Untuk dapat terus menikmati "Gallery Photo Kuala Enok/Tanah Merah"
DONASI Anda di CONTACT
advertisement

0 komentar: