06/03/2016

PEMILIHAN KETUA RT DAN KETUA RW DI DESA TANAH MERAH

Warga Desa Tanah Merah Kecamatan Tanah Merah, Kamis (3/4) lalu, menggelar pemilihan ketua RT dan RW baru. Menariknya, pemilihan dilakukan serentak yakni ada 44 Rt dan 5 RW Menurut Kepala Desa Tanah Merah, Zulfadli Satar, pemilihan RT/RW secara serentak ini dilaksanakan karena memang masa jabatan aparat RT dan RW sudah habis. "Masa Jabatan RT RW sebenarnya sudah habis pada tanggal 31 Desember 2015 dan dilakukan perpanjangan hingga 29 Februari 2016 langkah ini diambil karena mengingat masa diawal pemerintahan saya yang baru dilantik 31 Desember 2015 lalu tentu kami dari pemerintah desa Tanah Merah memutuskan untuk memperpanjang jabatan RT agar proses administrasi di Desa tetap berjalan baik," kata Zulfadli kepada wartawan saat memantau proses pemilihan di RT 01 RW 03 Ia menambahkan Desa Tanah Merah butuh persiapan SK pelantikan pemilihan Ketua RT dan Ketua RW baru. Oleh karena itu, jika semua sudah beres, maka pada awal minggu kedua maret ini bisa dilantik bersama dengan perangkat desa yang baru dan dapat melaksanakan tugas. 

Zulfadli mengaku, pemilihan Ketua RT dan Ketua RW ini dilakukan dengan demokratis mulai dari proses penjaringan calon RT/RW hingga proses pelaksanaannya. Pemilihan RT RW serentak ini dilaksanakan dengan cara berkeliling disetiap rumah warga RT RW yang melaksanakan pemilihan langsung. Dalam pemilihan banyak muncul wajah wajah baru. pun berharap mereka yang terpilih menjadi Ketua RT dan Ketua RW adalah mitra desa sehingga harus bergandeng tangan dalam bekerja sama untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat desa Tanah Merah. "Mereka yang terpilih itu figur terbaik sehingga harapannya masyarakat tidak mengeluh lagi soal kinerja pelayanan RT dan RW," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Ketua RT/RW yang di RW 03 RW.04 Dusun swadaya, Baharudin mengatakan dalam pemilihan ini panitia melaksanakan pemilihan secara demokratis dengan cara penjaringan calon dan dukungan suara dari masing-masing warga diwilayanhya, pada tahap pelaksanaan panitia melaksanakan pemungutan suara dengan cara panitia bersama kandidat calon berkeliling mendatangi setiap rumah warga di wilayah RT/RW masing-masing untuk memberikan hak suara dan meminta menulis nomor urut sesuai dengan pilihannya di kertas suara yang telah di sediakan lalu memasukan kertas suara kedalam kotak. Untuk itu, lanjut Baharudin, pada prosesnya masyarakat langsung dapat mengawal proses pemilihan RT/RW diwilayahnya. Untuk RT 01 terdapat dua calon yang dicalonkan yakni Jamaludin dan Harianto. Untuk RT 02 terdapat dua calon yakni yunus dan supri. Sedangkan untuk RW 04, terdapat tiga calon yang lulus pada tahap penjaringan yakni M.Nur, Toni Hardinata, Dan Ijal.

Perhitungan suara pemilihan Ketua RT 01 dilaksanakan pukul 10.00 wib oleh pantia dan disaksikan masyarakat setempat. Dari dua calon, Jamaludin meraih suara terbanyak yakni 56 suara. Satu calon lainnya, mendapat 21 suara. Selanjutnya, berdasarkan hasil pemilihan Ketua RT 02, suara terbanyak diraih yunus dengan jumlah 43 suara disusul supri yang hanya mendapatkan 26 suara. Dan untuk pemilihan Ketua RW 04, dimenangkan Toni Hardinata dengan jumlah 144 suara. Pesaingnya M.Nur hanya mendapat sebanyak 81 suara dan Ijal 7 suara. (Sumber Foto dan Tulisan : Andi Zaidul Khair)
















Kota Baru, 06 Maret 2016


Untuk dapat terus menikmati "Gallery Photo Kuala Enok/Tanah Merah"
DONASI Anda di CONTACT
advertisement

0 komentar: