25/11/2016

SPEED BOAT

Speed Boat merupakan salah satu alat transportasi air yang digunakan penduduk untuk beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir – Tembilahan, yang tidak terjangkau atau belum terhubung dengan transportasi darat. Speed Boat ini biasa digunakan sebagai angkutan lanjutan oleh penumpang dari pelabuhan Tembilahan yang datang dari Pekan Baru, Padang dan lain-lain untuk menuju ke Kuala Enok, Concong, Pulau Kijang dan beberapa desa yang ada di wilayah pesisir Indragiri hilir.

Untuk penumpang yang lanjutan dari pelabuhan Kuala Tungkal yang berasal dari Jambi, Palembang, Jakarta dll juga menggunakan speed boat untuk menuju ke Kuala Enok, Pulau Kijang, Tembilahan dll.  Rata-rata speed boat yang beroperasi untuk rute ini terbuat dari kayu, masyarakat setempat menyebutnya Speed Boat Kayu.

Sedangkan Speed Boat Fiber (fiber glass) digunakan untuk rute jarak jauh (antar pulau/antar provinsi), yakni untuk penumpang yang datang dari Kepulauan Riau (Pulau Batam, Tanjung Pinang dll) yang akan menuju ke Indragiri Hilir dan Kuala Tungkal atau sebaliknya. Untuk rute speed boat fiber ini pelabuhan Kuala Enok hanya menjadi pelabuhan singgah/transit. Kapasitas angkut penumpang kedua jenis speed boat yang menggunakan mesin sebagai tenaga pendorong ini, baik yang terbuat dari kayu maupun dari fiber glass tergantung dari besarnya/gross tonnasenya, mulai dari belasan hingga puluhan penumpang.















Kuala Enok, 25 November 2016

Untuk dapat terus menikmati LENSA KUALA TERAPUNG
'DONASI' Anda di CONTACT
advertisement

0 komentar: