Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting masyarakat Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (Bahasa Tionghoa pinyin: zhÄ“ng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan CAP GO MEH di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai ChúxÄ«  yang berarti "malam pergantian tahun".
Tahun baru Imlek biasanya berlangsung sampai 15 hari. Satu hari sebelum atau pada saat hari raya Imlek, bagi etnis Tionghoa adalah suatu keharusan untuk melaksanakan pemujaan kepada leluhur. Oleh sebab itu, satu hari sebelumnya atau pada saat Hari Raya Imlek para anggota keluarga (baik yang bermukim dimakpung halaman maupun diperantauan) akan datang ke rumah anggota keluarga yang memelihara lingwei (meja abu) leluhur untuk bersembahyang, atau mengunjungi rumah abu tempat penitipan lingwei leluhur untuk bersembahyang. Sebagai bentuk penghormatan dan sebagai tanda balas-budi maka pada saat acara sembahyang dilakukan pula persembahan jamuan makan untuk arwah para leluhur. Makna dari adanya jamuan makan untuk arwah leluhur adalah agar kegembiraan dan kebahagian saat menyambut hari raya Imlek yang dilakukan di alam manusia oleh keturunannya juga dapat turut serta dinikmati oleh para leluhur di alam lain.

Seperti pada perayaan Imlek tahun ini di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Kuala Indragiri (KUINDRA), Kabupaten Indragiri Hilir - Riau yang dilaksanakan 2 malam berturut-turut (07-08/11/2017), ratusan masyarat tionghoa berdatangan dari dari berbagai kota; Singapura, Kepulauan Riau, Jambi dan bahkan dari Pulau Jawa dan lain-lain untuk merayakan imlek bersama dikampung halaman. Perayaan Imlek tahun 2568/2017 ini juga ditandai dengan peresmian Vihara MAITRI SAGARA yang ada di Desa Sungai Buluh oleh Kepala Pembina Budha Kanwil Kemenag Prov. Riau. Hadir dalam acara ini UPIKA Kecamatan Kuindra, Pengurus PSMTI Kabupaten Indragiri Hilir serta ratusan tamu undangan lainnya.















Kuala Enok, 10 Februari 2017

Untuk dapat terus menikmati
Gallery Photo LENSA KUALA TERAPUNG
DONASI Anda di CONTACT

No comments:

Bottom Ad [Post Page]