17/07/2014

Cara Memotret Foto Candid

Foto candid, apa sih foto candid itu? Mungkin sebagian dari anda sudah banyak mengetahui foto candid, namun jika ada yang belum tahu mari sama-sama kita pelajari apa itu foto candid dan bagaimana cara memotretnya.
Pengertian foto candid sendiri adalah foto yang posenya tidak di atur. Teknik foti ini hampir sama dengan Teknik foto Evocative Potrait tetapi cara pengambilannya yang mungkin akan membuat kedua teknik tersebut berbeda.

Keistimewaan foto candid ini adalah kita bisa membuat foto menjadi benar-benar natural, dan yang harus di ingat adalah foto candid amat sangat memperhatikan moment yang terpajang pada foto anda nantinya. Fotografer yang menggunakan teknik ini haruslah bisa mencari tempat dan suasana yang mungkin sedikit ramai, karna dengan moment-moment tertentu dan ditambah dengan kecekatan anda, anda bisa mendapatkan moment seperti orang yang sedang tertawa, menangis, marah, atau bahkan menguap.

Lalu bagaimana kiat-kiat agar kita bisa memakai teknik foto ini, anda tertantang? Ini hal yang seru bukan? Jadi, mari kita pelajari ini bersama.


Bawalah selalu kamera anda.
Dimanapun anda berada, bawalah selalu kamera yang anda miliki tersebut. Terutama ketika anda hendak berwisata ke suatu tempat, jangan hanya terlena dengan beberapa event yang anda lihat, tapi lihat pula keadaan sekitar anda yang bisa anda ambil moment-moment yang menarik.
Jangan menggunakan Flash.
Kehadiran flash dari kamera anda akan sangat membuat subjek foto menyadari anda beserta kamera anda. Jika anda merasa foto anda minim cahaya cobalah anda mengatur ISO pada kamera anda dengan cara meningkatkan ISO-nya, selain anda akan mendapatkan hasil yang bagus, dengan di tingkat ISO ini anda juga bisa mendapatkan hasil yang tajam tanpa harus subjek yang anda foto merasa terganggu.
Pakailah lensa Tele.
Jika anda memiliki lensa tele, mungkin itu adalah anugrah yang bisa anda nikmati untuk memotret foto candid ini, mengapa? Karna kehadiran anda tidak akan pernah ada yang menduga jika anda yang sedang berada pada posisi jauh sedang mengambil beberapa kerumunan orang.
Gunakan mode Brush.
Bidik la foto sebanyak mungkin dengan menggunakan mode brush pada kamera anda, karna penggunaan mode ini sangat membantu anda untuk memilih hasil terbaik dalam sekali jepret, siapa tahu saja dari sekian banyak ada beberapa yang menyantol.
Yang terakhir adalah, anda harus sangat memiliki tingkat kesabaran yang cukup, sigap, dan bergeraklah dengan cepat dalam mencari tempat yang bisa anda jadikan moment-moment yang lucu, unik, bahkan aneh.


Nah itu dia tadi penjelasan sekaligus cara bagaimana anda memotret foto candid, semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda ingin menambahkan keterangan lain bisa memberi komentar pada artikel ini. Selamat mencoba dan salam fotografi.

http://www.bisnisfotografionline.com/2013/11/cara-memotret-foto-candid-teknik-fotografi/


Untuk dapat terus menikmati Gallery Photo Kuala Enok/Tanah Merah,
DONASI Anda di CONTACT
advertisement

0 komentar: